Irun poenya

Analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS

Posted on: April 15, 2010

Analisis regresi digunakan untuk memprediksi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis regresi juga dapat dilakukan untuk mengetahui kelinieritas variabel terikat dengan varibel bebasnya, selain itu juga dapat menunjukkan ada atau tidaknya data yang outlier atau data yang ekstrim.

Analisis regresi linear sederhana terdiri dari satu variabel dependen dan satu variabel independen.

Misalnya dalam suatu kegiatan penelitian ingin mengetahui apakah variabel X (nilai bahasa arab) berpengaruh terhadap variabel Y (nilai tafsir). Data penelitian adalah sebagai berikut :

NILAI BAHASA ARAB DAN NILAI TAFSIR SISWA SMPN W KELAS 2.

NO

NAMA

NILAI BHS ARAB

NILAI TAFSIR

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10

11.

12.

13.

14.

15

A

B

C

D

E

F

G

H

I

J

K

L

M

N

O

80

65

75

85

60

65

60

75

70

55

80

50

65

85

60

80

70

70

80

65

60

60

70

70

55

85

55

70

80

65


Proses analisis regresi dengan program SPSS (SPSS 11,5) adalah sebagai berikut :

  1. Entri data
    Mengentri data di atas ke dalam program SPSS (SPSS 11,5), caranya dengan memasukkan data ke dalam program SPSS 11,5. Setelah entri data selesai, tampilannya adalah sebagai berikut :

     

  2. Analisis regresi dengan program SPSS (SPSS 11,5)

    Analisis dimulai dengan melakukan pengaturan analisis. Klik Analyze kemudian klik Regression, lalu klik Linear. Seperti tampilan di bawah ini


    Setelah itu, akan keluar tampilan berikut :


    Selanjutnya lakukan pengaturan analisis, yakni :

    isilah kotak menu Dependen dengan variabel terikat, yaitu variabel tafsir dan kotak menu independen dengan variabel bebas, yaitu variabel bahasa arab. Sehingga muncul tampilan berikut :

     

    Selanjutnya klik kotak menu Statistics. pada kotak menu Regression Coefficients pilih (klik) kotak estimasi dan confidence intervals. Pada kotak menu yang lain klik Descriptives dan model fit. Sehingga muncul tampilan berikut :

     


Kemudian klik Continue.

 

Kotak menu Plots, berfungsi untuk menampilkan grafik pada analisis regresi. Misalnya pada analisis ini kita ingin menampilkan grafik, maka klik kotak menu Plots,. Kemudian blok DEPENDEN pada kotak menu sebelah kiri, masukkan ke kotak menu sebelah huruf Y dengan cara meng-klik tanda panahnya. Dengan cara yang sama blok ZRESID pada kotak menu sebelah kiri, masukkan ke kotak menu sebelah huruf X. kemudian klik Histogram dan Normal probanility plot yang terletak pada kotak menu Standardized Residual plots. Selanjutnya klik Continue. Tampilannya adalah sebagai berikut :

 

Klik kotak menu Options

  • Use probability of F menunjukkan nilai probabilitas,sebuah variabel dapat masuk atau tidak dalm persamaan. Nilai entry adalah 0,05 artinya jika nilai probabilitas suatu variabel kurang dari 0,05 maka variabel tersebut akan masuk dalam persamaan. Nilai removal 0,10 artinya jika nilai probabilitas variabel lebih dari 0,10 maka variabel tersebut akan dikeluarkan dari persamaan.
  • Klik inclide constant in equation, yakni untuk menampilkan konstanta persamaan garis regresi. tampilannya adalah sebagai berikut:


Selanjutnya klik Continue. Untuk melakukan analisis kliklah OK. Beberapa saat kemudian akan keluar outputnya, sebagai berikut :

 






Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual

Scatterplot

 

Berdasarkan tabel Coefficients, diketahui bahwa besarnya nilai t test = 6,530 sedangkan besarnya signifikansi = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian H0 ditolak yang berarti ada pengaruh variabel bahasa arab terhadap nilai tafsir. Dan dari tabel Coefficients di atas, kolom B pada Constant (a) adalah 16,234 sedangkan nilai bahasa arab (b) adalah 0,776. Sehingga persamaan regresinya adalah :

Y = a + bX

Y = 16,234 + 0,776X.

Untuk intepretasi selanjutnya dapat dilihat/dikaji dari output di atas.


About these ads

33 Tanggapan to "Analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS"

keren nhe tulisannya…. ;-)

mmmm…. mkasih :-)

terima kasih, sangat membantu… :)

kl d uji asumsi klasik,trjadi autokorelasi,gmn cara ngobatinnya ya..?
mohon bantuannya..

makasih yaaaaa…..>>>>dah bantuin bwtt tgas,

tolong dong, aq bth bantuannya. Aku mau ujian proposal skripsi tp aq bingung caranya menggunakan SPSS 11?thank be4………………….

mbak irul tolong dksh analisis atau interpretasi selanjutnya yang lbh lengkap…mkch

ada berapa macam analisis regresi dengan menggunakan spss?

Trims ya mbak atas regresi SPSS nya aku bisa selesaikan skripsi temanku….

saya mau minta tolong apakah ada yang bisa batu saya untuk mengguakan spsss? makasih

thanks sista membantu banget…!!!!! klu analisis berganda gimana pula itu ?????? hehehhe

artikelnya bagus banget nie,,,jadi kelar 1 masalah, tapi msh ada pertanyaan ni, ak mo nanya kalo bwt memprediksi hasil pada tahun berikutnya gmn caranya y?
misalkan kasus pada suatu hotel pada tahun 2010 ada 200 pengunjung nah untuk memprediksi ada berapa pengunjung pada tahun 2011 gmn?mohon bantuannya…tengkyu,,,,:D

mksih ats jwban na,,,,,,,,,,,,,

masih ga ngert nilai t test = 6,530 dpt dr mana?

tulisannya bagus..membantu untuk referensi:)
salam kenal, sama dou mbojo:)

ko Ho nya ditolak? bukannya Ho ituhipotesisnya??berarti kalo Ho ditolak harusnyagada hubugan kan mba??mohon diperjelas…

mau tanya nih
kalo analisis regresi berganda dgn 5 variabel bisa ga ya ?
caranya gimana ?
thx before

Mas ato Mbak,,
ni kan saya mau cari regresi linear sederhana, dengan 1 variabel X (independen) dan 1 variabel Y (dependen),,
nah, tapi saya cuma punya 1 data untuk masing2 variabel, yaitu x=-27.402.381,762 ; dan y=2,23..

apakah bisa dicari persamaan regresinya..?

saya sudah coba di SPSS (16.0) dengan cara yang ada di web ini, tapi tidak bisa..

apa bisa bantu saya..?
=)

met sore….mau nanya nih…kalau mencari pengaruh x1 tehadap y,,x2 terhadap y,,,dan x1 dan x2 secara bersama terhadap y…gmanayah….???? thks….

ane bantu ya Gan,,
kalo kayak gitu, berarti pake regresi linear berganda Gan..
soalnya kan variabel X ada 2 dan variabel Y ada 1..

mb sy ge ngerjakan skripsi, sampelnya cm 13 perusahaan dan variabelnya 10, apa bisa sy pke analisis regresi linier berganda?
tlg di bals tq….

kalo regresi linear berganda itu intinya variabel dependen ada 1 & variabel independen ada lebih dari 1..
=)

aku bingung bisa tolong dibantu…
penelitian ku pake regresi linier sederhana saja, tapi pake asumsi klasik ga ya ???
asumsi klasik kan ada 5, multikolikieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi, normalitas, linieritas.. yang cocok pake yang mana untuk regrei linier sederhana ?? mksh.

:)

Bisa bantu saya?

nice writting! simple and easy to follow. :)

bagaimana cara meng outlier data yang tidak normal??

HADUHHHH
BINGUNG CARA M,ASUKIN DATANYA

Thanks yo….tp tlg dr validitas n reliabilitas dong biar komplit…

Hatur muhm Neng Irul

Eh maaf salah tulis..Hatur nuhun neng Irul..mudah2an neng Irul tambah sukses

[…] caranya lewat spss silahkan di lihat di sini, meskipun soalnya beda tapi caranya sama kok. so, selamat mencoba kawan :) […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

pengunjung

  • 72,396 hits

category

me and friends

April 2010
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: